Berita

Program Sukarelawan Internasional Australia-Indonesia

LPMP Sulawesi Selatan kedatangan tamu dari PT Scope Global Nusantara menawarkan sebuah program kerjasama pembangunan yang didanai sepenuhnya oleh pemerintah Australia yaitu Australian Volunteers for International Development (AVID). Program ini menempatkan ratusan relawan di instansi / organisasi lokal berbagai negara untuk peningkatan kapasitas ilmu dan pertukaran budaya, nantinya bersama-sama organisasi penempatannya bekerjasama untuk mengurangi kemiskinan dan mencapai pembangunan yang berkelanjutan di komunitas mereka. Tujuan utama dari AVID program ini adalah mendukung organisasi /  institusi dalam menjalankan programnya untuk mencapai hasil akhir yang berkelanjutan dan meningkatkan hubungan baik antara Indonesia dan Australia.

Kriteria organisasi rekanan untuk penempatan relawan adalah Instansi Pemerintah seperti Organisasi masyarakat, Universitas/sekolah, rumah Sakit/Puskesmas, Usaha Kecil/Menengah. Organisasi rekanan harus memiliki Akte, Surat Ijin Operasional atau didukung oleh instansi terkait, memiliki kebutuhan celah/gap pengembangan organisasi yang tidak dapat diisi secara internal atau dari sumber daya lokal namun dapat didukung oleh kehadiran seorang relawan yang akan membantu peningkatan kapasitas bukan untuk mengisi suatu posisi di organisasi tersebut. Sebaliknya organisasi yang menjadi rekanan bertanggungjawab harus memiliki waktu, energi dan kapasitas untuk bekerja sama dengan relawan, ada contact person yang akan bertanggungjawab terhadap relawan sebaiknya bisa berbahasa inggris, memberikan fasilitas (meja, kursi, komputer, dan berkantor bersama staf lain) kepada relawan, bisa dihubungi dan aktif dalam berkomunikasi dan lain sebagainya.

LPMP Sulawesi Selatan sebagai organisasi yang bergerak di bidang pendidikan tentunya sangat tertarik dengan program AVID dan telah menyiapkan diri untuk menyambut relawan yang akan datang mendukung program LPMP Sulawesi Selatan dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan mutu pendidikan di Provinsi Sulawesi Selatan.

Close
Close