Berita

MONITORING KARTU INDONESIA PINTAR TAHUN 2016

Program Indonesia Pintar (PIP) adalah program pemerintah melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP) untuk membantu siswa tidak mampu secara ekonomi agar dapat tetap mendapatkan pendidikan melalui bangku sekolah. Salah satu persoalan dalam pelaksanaan program ini adalah pendistribusian KIP yang saat ini masih banyak yang belum sampai kepada sasaran. Untuk mengetahui permasalahan dalam pendistribusian kartu ini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melaksanakan program Monitoring terhadap pendistribusian kartu tersebut.

Tujuan monitoring KIP ini adalah untuk mengetahui ketersampaian dan pendistribusian Kartu Indonesia Pintar (KIP) sampai kerumah tangga sasaran (RTS)/Peserta Didik dengan sasaran 57.288 Desa/Kelurahan, di 4.734 Kecamatan, di 356 Kabupaten/Kota, di 22 provinsi se-Indonesia. Untuk provinsi Sulawesi selatan, 2.967 kelurahan/desa, di 306 kecamatan, di 24 kabupaten/kota.

Tim monev terdiri dari tim monev provinsi dan tim monev kabupaten/kota. Tim monitoring provinsi terdiri atas 2 orang yang berasal dari instansi LPMP Sulawesi Selatan. Sedangkan Tim monitoring kabupaten/kota ditunjuk oleh LPMP Sulawesi Selatan dengan jumlah petugas 1 orang perkecamatan. Petugas inilah yang akan melakukan monitoring ke subjek sasaran.

Subjek sasaran monitoring adalah aparatur Desa/kelurahan yang menerima Kartu Indonesia Pintar. Sumber data diperoleh dari responden di setiap Desa/Kelurahan dengan pendekatan satu Petugas Monev mendatangi seluruh Desa/Kelurahan di satu kecamatan (1 petugas bertanggung jawab terhadap seluruh kelurahan di 1 kecamatan).

Kegiatan ini dilaksanakan secara serentak pada Tanggal 24-30 Oktober 2016.

(TR)

Close
Close