Berita

MONITORING DAN EVALUASI PEMETAAN MUTU PENDIDIKAN DI KABUPATEN/KOTA PROVINSI SULAWESI SELATAN

LPMP Sulawesi Selatan telah melaksanakan kegiatan Pelatihan Pengawas dan Petugas Pemetaan Mutu Pendidikan (PMP) dalam rangka mempersiapkan pengawas dan petugas pemetaan mutu pendidikan tahun 2016, dengan harapan seluruh satuan pendidikan di provinsi Sulawesi Selatan dapat terpetakan mutunya mulai tahun 2016.

Kegiatan Pelatihan Pengawas PMP yang dilaksanakan pada tanggal 11 s.d. 27 Agustus 2016 secara bertahap di LPMP Sulawesi Selatan, bertujuan untuk mengetahui dan memahami peran dan tanggung  jawab terhadap proses penjaminan mutu pendidikan pada Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah khususnya dalam melaksanakan Pemetaan Mutu Pendidikan dan memiliki kapasitas dalam memberikan bimbingan Pemetaan Mutu Pendidikan.

Setelah para pengawas kembali ke daerah masing-masing mereka diwajibkan untuk menyampaikan tentang PMP kepada Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Sekolah, dan Operator Sekolah berkaitan dengan aplikasi yang akan digunakan untuk menginput dan mengirimkan data dari sekolah masing-masing. Untuk mengetahui progres PMP di Kab/Kota, maka LPMP Sulawesi Selatan melaksanakan kegiatan Monitoring dan Evaluasi (Monev) ke daerah pada tanggal 3 s.d. 5 Oktober 2016 dengan tujuan melakukan uji petik untuk memverifikasi dan memvalidasi data mutu yang dimasukkan oleh sek olah dan pengawas, memastikan pelaksanaan pengumpulan data mutu di sekolah sesuai dengan pedoman / panduan pengumpulan data mutu, Mengidentifikasi permasalahan yang terjadi dalam proses pengumpulan data (pengisian manual dan aplikasi).

Pelaksanaan kegiatan Monev pada tanggal 3 s.d. 5 Oktober 2016 ke-24 Kab/Kota di Provinsi Sulawesi Selatan. Sasaran Monev kali ini adalah 6 Sekolah Model dan 8 Sekolah Non Model, responden pada satu sekolah sebanyak 8 orang yaitu Kepala Sekolah, 1 orang operator, 3 orang guru (1 orang pertingkat kelas) dan 3 orang siswa (1 orang pertingkat kelas). Tim Monev adalah pejabat dan staf LPMP Sulawe Selatan sebanyak 2 orang per Kab/Kota, tugas Tim Monev adalah mengunjungi sekolah sampel untuk melakukan monev dan uji petik, melakukan observasi, wawancara dan diskusi di sekolah yang dikunjungi, mengumpulkan dan membawa pulang kembali seluruh instrumen terisi dan catatan hasil observasi, wawancara, dan diskusi di sekolah yang dikunjungi, memastikan aplikasi yang digunakan disekolah telah menggunakan versi yang terbaru serta data telah diinput dan siap dikirim, kemudian hasil monev diserahkan ke Seksi PMP Bidang PSMP LPMP Sulawesi Selatan.

 

(NA)

Close
Close