Berita

HARI KESAKTIAN PANCASILA 2016 DI LPMP SULAWESI SELATAN

Pada tanggal 1 Oktober 2016, LPMP Sulawesi Selatan melaksanakan upacara bendera memperingati Hari Kesaktian Pancasila yang ke-51 tahun di halaman kantor LPMP Sulawesi Selatan. Pembina upacara oleh Bapak Drs. Saparuddin, M.Pd., Kepala Bidang Pemetaan dan Supervisi LPMP Sulawesi Selatan.   Upacara Bendera ini diikuti oleh seluruh staf (PNS dan Non PNS), pejabat struktural dan fungsional LPMP Sulawesi Selatan.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini juga digunakan untuk mengenang kembali peristiwa yang terjadi pada tahun 1965, sebuah peristiwa tragis pembunuhan pimpinan TNI AD. Tanggal 1 Oktober 1965 merupakan hari penting bangsa Indonesia. Menjadi hari berakhirnya Gerakan 30 September (G30S). Sehari sebelumnya, telah terjadi penculikan dan pembunuhan terhadap beberapa jenderal terbaik bangsa. Mereka adalah Letnan Jenderal A. Yani, Mayjen R. Suprapto, Mayjen Haryono, Mayjen S. parman, Brigjen D.I. Panjaitan, Brigjen Sutoyo, Letnan Satu Pire Andreas Tendean, dan Brigadir Polisi Karel Susult Tubun. Sementara, Jenderal A.H. Nasution berhasil meloloskan diri dari kepungan, namun kakinya tertembak dan putrinya Ade Irma Suryani meninggal dunia (http://www.senkomsidoarjo.org/2016/10/tema-hari-kesaktian-pancasila-2016.html).

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang diselenggarakan secara nasional pada tahun ini mengangkat tema yakni, "Kerja Nyata Untuk Kemajuan Bangsa Sebagai Wujud Pengamalan Pancasila" melalui tema ini diharapkan kerja nyata dari semua pihak guna mewujudkan masyarakat Indonesia yang dicita-citakan, masyarakat yang adil, makmur, dan sejahtera. LPMP Sulawesi Selatan sebagai lembaga yang bergerak dalam dunia pendidikan berusaha melayani masyarakat dengan sepenuh hati dan senantiasa meningkatkan kapasitas lembaga dalam mewujudkan kerja nyata dengan memajukan dunia pendidikan pada khususnya sebagai wujud pengamalan Pancasila. 

 

(NA)

Close
Close