Berita

PERINGATAN HARI PENDIDIKAN NASIONAL DI LPMP SULAWESI SELATAN

“Nyalakan pelita, terangkan cita-cita”, merupakan tema dari Hari Pendidikan Nasional yang diperingati pada tanggal 2 Mei 2016 di LPMP Sulawesi Selatan. Kegiatan ini dilaksanakan dengan mengadakan upacara bendera yang dipimpin langsung oleh Kepala LPMP Sulawesi Selatan, Bapak Dr. H. Abdul Halim Muharram, M.Pd. dan diikuti oleh seluruh pejabat struktural, WI, dan staf LPMP Sulawesi Selatan. Seluruh peserta upacara pada hari Pendidikan Nasional mengenakan busana daerah Sulawesi Selatan.

Pidato seragam dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI menuliskan tentang Salah satu dukungan yang perlu kita berikan pada anak-anak Indonesia adalah memastikan bahwa apa yang mereka pelajari saat ini adalah apa yang memang mereka butuhkan untuk menjawab tantangan jamannya. Keterampilan utuh yang dibutuhkan oleh anak-anak Indonesia di abad 21 ini mencakup tiga komponen yaitu kualitas karakter, kemampuan literasi, dan kompetensi.

Karakter terdiri dari dua bagian. Pertama, karakter moral, sesuatu yang sering kita bicarakan. Karaker moral itu antara lain adalah nilai Pancasila, keimanan, ketakwaan, intergitas, kejujuran, keadilan, empati, rasa welas asih, sopan santun. Yang kedua dan tak kalah pentingnya adalah karakter kinerja.  Di antara karakter kinerja adalah kerja keras, ulet, tangguh, rasa ingin tahu, inisiatif, gigih, kemampuan beradaptasi, dan kepemimpinan. Kita ingin anak-anak Indonesia menumbuhkan kedua bagian karakter ini secara seimbang. Kita tak ingin anak-anak Indonesia menjadi anak yang jujur tapi malas, atau rajin tapi culas. Keseimbangan karakter baik ini akan menjadi pemandunya dalam menghadapi lingkungan perubahan yang begitu cepat.

Literasi dasar menjadi komponen kemampuan abad 21 yang perlu kita perhatikan berikutnya.  Literasi dasar memungkinkan anak-anak meraih ilmu dan kemampuan yang lebih tinggi serta menerapkannya kepada kehidupan hariannya.  Bila selama ini kita berfokus pada literasi baca-tulis dan berhitung yang masih harus kita perkuat, maka kini kita perlu pula memperhatikan literasi sains, literasi teknologi, literasi finansial dan literasi budaya.

Terakhir dan tak kalah pentingnya adalah komponen kompetensi. Abad 21 menuntut anak-anak Indonesia mampu menghadapi masalah-masalah yang kompleks dan tidak terstruktur. Maka mereka membutuhkan kompetensi kemampuan kreativitas, kemampuan berpikir kritis dan memecahkan masalah, kemampuan komunikasi serta kemampuan kolaborasi.


Peringatan Hari Pendidikan Nasional kali ini juga diisi dengan pemberian penghargaan Satya Lencana bagi pegawai LPMP Sulawesi Selatan yang telah mengabdi selama 10 Tahun, 20 Tahun, dan 30 Tahun.

 


Semoga pengabdian kita sebagai abdi masyarakat di bidang pendidikan bernilai ibadah dalam mewujudkan pendidikan yang lebih maju dan berkarakter sesuai dengan kalimat  “Nyalakan Pelita, Terangkan Cita-cita” sebagai tema keriaan Hari Pendidikan Nasional. Kita ingin pendidikan benar-benar berperan sebagai pelita bagi setiap anak Indonesia yang akan membuatnya bisa melihat peluang, mendorong kemajuan, menumbuhkan karakter, dan memberikan kejernihan dalam menata dan menyiapkan masa depannya.

(Nursaidawaty A.)

Close
Close