Berita

Capacity Building Pegawai LPMP Sulawesi Selatan

 Dalam rangka memenuhi kewajiban pegawai untuk menyusun sasaran kerja berdasarkan  jabatan yang diampuh dimana sasaran kerja pegawai tersebut merupakan kontrak kerja  antara bawahan dan atasan, maka LPMP Sulawesi Selatan mengadakan Capacity Building pada tanggal 25 s.d. 27 Februari 2016 di Hotel Wisata Pantai Galesong, Desa Sampulungan, Kec. Galesong Utara, Kab. Takalar. Dengan adanya peralihan unit utama LPMP dari BPSDMPK & PMP ke Ditjen Dikdasmen mengakibatkan perubahan pada aplikasi e-SKP yang digunakan dari aplikasi SKP yang berasal dari BPSDMPK & PMP telah dihentikan tahun 2015 dan beralih ke aplikasi e-SKP yang dikeluarkan oleh Biro Kepegawaian Kemendikbud.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan berproduktivitas, motivasi dan keterampilan pegawai dalam pengembangan dan membangun kemampuanpersonal, serta meningkatkan pengetahuan dan pemahaman pegawai tentang aplikasi e-SKP Biro Kepegawaian Kemendikbud. Acara dimulai pada hari kamis (25/02/16) pukul 17.00 sore, dibuka oleh Kepala LPMP Sulawesi Selatan, Dr. H. Abdul Halim Muharram, M.Pd., dalam acara pembukaan iatan ini dilaksanakan untuk mengawali kegiatan di tahun 2016, namun sebelum memulai sebaiknya kita membangun komitmen dan semangat kerja yang tinggi agar apa yang kita kerjakan tidak menjadi sebuah beban yang sangat berat sehingga membuat kita enggan untuk melirik apalagi mengerjakannya. 

�LPMP Sulawesi Selatan adalah sebuah lembaga yang besar, lembaga yang besar membutuhkan semangat yang besar untuk memulai sesuatu yang besar....lembaga yang besar harus dikawal dengan orang-orang yang mempunyai komitmen yang tinggi dalam melaksanakan tugas kedinasan, baik itu PNS maupun Non PNS..., dibutuhkan saling pengertian diantara kita, untuk bersama-sama membangun dan mengembalikan kejayaan LPMP Sulawesi Selatan seperti pada tahun 2005 sebagai LPMP yang berjaya dibidang IT dan pelan-pelan menghapus predikat sebagai LPMP terburuk kebersihannya...� ulasan beliau dalam memotivasi seluruh pegawai LPMP Sulawesi Selatan. Keinginan beliau juga adalah menarik minat orang-orang diluar lingkungan LPMP Sulawesi Selatan untuk datang berkunjung ke LPMP dengan memberikan keramah-tamahan dan keamanan kepada setiap tamu yang datang, hal ini bisa dimulai dari para security kita kemudian berlanjut ke setiap bagian. Untuk membedakan tamu dan pegawai hendaknya seluruh pegawai menggunakan id-card.

Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil disampaikan Kepala Bagian Umum LPMP Sulawesi Selatan, Bapak Drs. Suardi B., M.Pd memaparkan antara lain tentang Kewajiban, Tingkat dan Jenis Hukuman Disiplin, Jenis Pelanggaran, dan segala peraturan  yang mengikat PNS dalam melaksanakan tugas kedinasan. Hendaknya seluruh pegawai LPMP Sulawesi Selatan melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya sesuai dengan sumpah dan aturan yang berlaku sehingga akan meminimalisir tingkat pelanggaran dan hukuman disiplin dikalangan PNS LPMP Sulawesi Selatan.  

Elektronik Sasaran Kerja Pegawai 

Aplikasi Elektronik Sasaran Kerja Pegawai yang dising kat dengan e-SKP digunakan untuk mencatat rencana kerja, realisasi kerja dan menghitung kinerja dari seorang pegawai dalam jabatan yang diampunya. Sesuai yang dikemukakan oleh bapak Saleh Saripuddin, S.Kom dari Biro Kepegawaian Kementerian Pendidikan dan kebudayaan bahwa Proses perhitungan realisasi SKP mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor  46 Tahun 2011 tentang Penilaian Prestasi Kerja Pegawai Negeri Sipil yang Ketentuan Pelaksanaannya diatur dalam Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Nomor 1 Tahun 2013. Sedangkan Peraturan Pemerintah no. 107 mengatur tentang disiplin kehadiran pegawai tepat datang tepat pulang.

Aplikasi SKP dapat diakses menggunakan web browser seperti internet explorer, firefox, dan crhom pada laman  http://skp.sdm.kemdikbud.go.id. Atau http://118.98.234.94/skpbaru Pegawai yang dapat menggunakan aplikasi SKP adalah CPNS/PNS yang tercatat dalam database kepegawaian Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Untuk melakukan pembaruan database kepegawaian tersebut dapat dilakukan oleh user dari pengelola kepegawaian di masing-masing unit kerja yang ditunjuk melalui laman http://data.sdm.kemdikbud.go.id.

Keterangan :

Pegawai melakukan login pada aplikasi e-SKP dengan menggunakan NIP dan Password (standar password adalah skp12345) kemudian mengisi Rencana SKP (Kuantitas, Kualitas, Waktu, Biaya, AK), mengisi Target Bulanan dari Rencana SKP, mencetak Rencana SKP, Hasil cetakan disampaikan kepada Atasan Langsung untuk mendapatkan persetujuan terhadap Rencana Sasaran Kerja Pegawai yang telah disusun, Persetujuan dilakukan oleh Atasan langsung dengan cara menandatangani Rencana SKP dan memberikan persetujuan secara elektronik melalui Aplikasi SKP, Setelah mendapatkan persetujuan secara elektronik pegawai tidak dapat lagi merubah SKP yang telah ditetapkan, Untuk merubah SKP yang telah disetujui, pegawai harus mengajukan perubahan kepada atasan langsung untuk dilakukan perubahan (pembatalan persetujuan) sampai pegawai mengajukan Rencana SKP yang baru, Sepanjang Rencana SKP belum disetujui oleh atasan langsung, maka pegawai tidak dapat memasukkan data laporan hasil pekerjaan pada realisasi rencana SKP. Nilai Kinerja Formulir Realisasi Sasaran Kerja Pegawai akan bertambah setelah laporan realisasi SKP disetujui oleh atasan melalui aplikasi e-SKP, Laporan Realisasi SKP, baik yang disetujui maupun tidak oleh atasan akan tercatat dalam laporan realisasi pegawai.

Pada aplikasi e-SKP ini tidak ada upload dan download dokumen namun pegawai tetap mengumpulkan bukti fisik dan pencatatan kinerja kemudian membuat summary (ringkasan laporan) dalam setahun.

Dinamika Kelompok

Selain mengikuti materi dalam kelas, terdapat materi di luar kelas yaitu Dinamika Kelompok yang diikuti oleh seluruh pegawai LPMP Sulawesi Selatan. Kegiatan ini dilaksanakan secara berkelompok yang bertujuan meningkatkan nilai kerjasama kelompok, meningkatkan proses interaksi antara anggota kelompok, meningkatkan produktivitas anggota kelompok, mengembangkan kelompok ke arah yang lebih baik dan lebih maju dan meningkatkan kesejahteraan hidup anggotanya. Diharapkan dengan mengikuti kegiatan ini seluruh pegawai LPMP Sulawesi Selatan dapat menjalin kerjasama yang baik dalam membangun lembaga, memikirkan bersama-sama segala permasalahan yang dialami lembaga sehingga dapat diperoleh pemecahannya dengan cepat, efektif dan efisien.

 

 

 

 

Galeri Kegiatan Dinamika Kelompok

 

 

 

 

( Nursaidawaty A.)

Close
Close