Program Kerja LPMP Sulsel (Maret-April 2014)

Click on the slide!

Klik Gambar Untuk Download Buku Sekolah Elektronik Kurikulum 2013

More...
Click on the slide!

Calon Instruktur Nasional Kurikulum 2013 Mengikuti Acara Pembukaan

More...
Click on the slide!

Acara Pembukaan Diklat Calon Instruktur Nasional Kurikulum 2013 jenjang SD Kelas 1 & IV oleh Pejabat Struktural LPMP dan Diknas Sulsel

More...
Click on the slide!

Penandatangan MoU LPMP Sulsel - Yayasan Kartika untuk Peningkatan Mutu Pendidikan

More...
Click on the slide!

Peningkatan Kompetensi Guru di Lingkungan Yayasan Kartika

More...
Click on the slide!

Lomba Cipta Seni Batik Nusantara

More...
Click on the slide!

Rapat Koordinasi LPMP Sulsel - Diknas Kab/Kota dalam Rangka Persiapan Pelaksanaan Kurikulum 2013

More...
Click on the slide!

Para peserta sedang mengerjakan soal-soal UKG Online 2014 di TUK SMP Angkasa Maros

Frontpage Slideshow (version 2.0.0) - Copyright © 2006-2008 by JoomlaWorks

Penelitian ini mengungkap implementasi pembelajaran berdasarkan masalah bagi guru alumni diklat bidang studi IPA SMPNegeri di Kota Makassar. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif. Lokasi difokuskan pada 10 SMP Negeri yang terpilih menjadi sample. Dalam penelitian ini, data diperoleh dengan mengamati guru yang sedang mengajar mata pelajaran IPA di 10 SMP Negeri dengan menggunakan model pembelajaran berdasarkan masalah. Sampling penelitian ini dilakukan dengan metode purposive sampling.

Data yang diperoleh dari hasil pengamatan dianalisis secara statistic deskriptif, dengan menghitung jumlah guru yang berada pada masing-masing skor, dengan menggunakan kategori sangat baik, baik, cukup baik, tidak baik, dan sangat tidak baik.
Kategori sangat baik jika guru berada pada skor 5, kategori baik jika guru berada pada skor 4, kategori cukup baik jika guru berada pada skor 3, kategori tidak baik jika guru berada pada skor 2, dan kategori sangat tidak baik jika guru berada pada skor 1. Hasil analisis data, ditemukan hanya 20% aspek yang diamati dapat dilakukan oleh guru, sedang 80% aspek lainnya belum dapat dilakuakn oleh guru.

[Unduh File Disini]

Model pembelajaran terpadu merupakan salah satu model implementasi kurikulum 2013 yang dianjurkan untuk diaplikasikan pada jenjang pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) mata pelajaran IPA dan IPS. Model pembelajaran ini pada hakikatnya merupakan suatu pendekatan pembelajaran yang memungkinkan peserta didik baik secara individual maupun kelompok aktif mengamati, menanya, mencari, menggali,mengomunikasikan dan menemukan konsep serta prinsip secara holistik dan otentik. Pembelajaran ini merupakan model yang mencoba memadukan beberapa pokok bahasan. oleh Drs. H. Tamrin, M. Pd.

Read more...

Dalam rangka menyiapkan guru SMK untuk mata pelajaran simulasi digital sebagai pengganti pelajaran KKPI, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (BPSDMPK-PMP) melalui Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) mengadakan Pelatihan Guru Daring (Online) yang dihadiri oleh guru-guru SMK dari berbagai sekolah kejuruan negeri maupun swasta. Adapun pelaksanakan pelatihan sebanyak enam gelombang antara lain :

  • Gelombang 1 : 23 – 25 April 2014 di LPMP Prov. Sulsel
  • Gelombang 2 : 28 – 30 April 2014 di LPMP Prov. Sulsel
  • Gelombang 3 : 06 – 08 Mei 2014 di LPMP Prov. Sulsel
  • Gelombang 4 : 12 – 14 Mei 2014 di LPMP Prov. Sulsel
  • Gelombang 5 : 20 – 22 Mei 2014 di SMK Negeri 7 Makassar
  • Gelombang 6 : 03 – 05 Juni 2014 di SMK Negeri 8 Makassar


Lampiran pengumuman kelulusan dapat didownload di: http://cpns.menpan.go.id/print2.php?query=KEMENTERIAN+PENDIDIKAN+DAN+KEBUDAYAAN

Informasi:
1) Semua tenaga honorer tidak dibebankan biaya apapun dalam proses pengadaan CPNS (PERKA BKN NOMOR 9 TAHUN 2012)
2) Pengaduan Atas Proses Seleksi CPNS dapat melalui link : http://www.bpkp.go.id/pengaduancpns.bpkp